HTML


Selasa, 04 November 2014

Review TANTANGAN BISNIS DALAM E-COMMERCE DI INDONESIA PADA ERA INFORMASI

Review Jurnal : TANTANGAN BISNIS DALAM E-COMMERCE DI INDONESIA PADA ERA INFORMASI

PENDAHULUAN
Faktor pemicu utama perubahan dalam era informasi adalah teknologi informasi dan pemasaran. Oleh karena itu revolusi informasi ini bisa pula disebut revolusi industri berbasis pengetahuan. Salah satu karakteristik utama era informasi dalam perubahan adalah bisnis elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah e-business  atau  e-commerce.
E-commerce merupakan aktivitas perdagangan yang dilakukan secara interaktif melalui internet yang memungkinkan berbagai pihak bertransaksi tanpa harus saling bertemu dan bertatap muka. Pesatnya perkembangan e-commerce pada gilirannya membawa perubahan dalam cara perusahaan membeli dan menjual barang, jasa dan informasi. Kegiatan melayani pesanan produk melalui internet dapat dikategorikan sudah menjadi pemasar global yang menjalankan  e-commerce.
PEMBAHASAN
Perkembangan Pengguna Internet
Menurut Data statistik yang dikeluarkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terhadap jumlah pelanggan dan pemakai internet di Indonesia adalah: Tahun 2006 ada 1.700.000 pelanggan dan 20.000.000 pemakai, Tahun 2007 ada 2.000.000 pelanggan dan 25.000.000 pemakai. Selain itu, pengguna internet yang telah lama menggunakan internet pun belum tentu pernah bertransaksi melalui internet karena masalah kebiasaan atau belum yakin akan keamanannya.
Pergeseran Paradigma Bisnis
Menurut para pakar bahwa kehadiran virtual marketspace tidak bakal mematikan traditional marketplace karena keduanya lebih bersifat komplementer dan melayani kebutuhan segmen pasar yang berlainan. Kemajuan teknologi informasi menghadirkan perubahan pada perilaku konsumen dan paradigma pemasaran konvensional, di satu sisi konsumen semakin cerdas, canggih dan cerewet. Tuntutan mereka semakin kompleks dan meliputi kombinasi antara produk berkualitas, harga yang fair fleksibilitas, kecepatan, pengalaman yang menyenangkan, layanan ekstra, pengembangan gagasan hingga produk yang dipasarkan.
Konsekuensi dari perubahan perilaku konsumen akibat perkembangan teknologi informasi adalah bahwa segmentasi tradisional berdasarkan aspek demografis, geografis, behavioral, dan psikografis tidak lagi memadai. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Biro Riset Forrester Research Inc. Terhadap 131.000 konsumen merumuskan teknik segmentasi baru yang dinamakan teknografis berfokus pada motivasi, hasrat, dan kemampuan konsumen berinvestasi dalam produk-produk teknologi.


Perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan, credit card fraud, dan berbagai potensi kerugian lainnya.  Dengan demikian  konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.

Dampak E-commerce
E-commerce berdampak besar pada bisnis yang dibedakan dalam tiga kategori yaitu :
Menyempurnakan  direct marketing  yang secara tradisional berbasis mail order (katalog) dan  telemarketing.
Mentransformasi organisasi : mengubah karakteristik pekerjaan, karir dan kompensasi.
Meredefinisi organisasi : memunculkan model bisnis baru yang berbasis jasa onlline di  marketspace.
Manfaat Kepuasan Konsumen dalam E-commerce
Di Indonesia calon konsumen melalui E-commerce masih memiliki keragu raguaan (skeptis) untuk melakukan transaksi di jaringan toko on-line atau took maya (Shop on-line) ini. Keraguan ini dapat disebabkan adalah :

Masalah Kepercayaan
Masalah Pembayaran
Masalah Info produk
Mayoritas konsumen di Indonesia masih merasa lebih aman serta nyaman dalam bertransaksi yang dilakukan dengan cara interaksi dua arah secara langsung.
Penyajian informasi yang baik akan menghindari terjadinya information asymmetry yang seringkali dimanfaatkan pihak lain untuk melakukan kejahatan di internet (cybercrime). Melalui komunikasi yang baik, konsumen merasa mendapat jaminan keamanan dalam bertransaksi sehingga partisipasinya dalam e-commerce menjadi meningkat. Hanya pelanggan yang memiliki kepercayaan yang akan berani melakukan transaksi melalui media internet. Tanpa ada kepercayaan dari pelanggan, mustahil transaksi e-commerce akan terjadi.





KESIMPULAN


E-Commerce merupakan kebutuhan esensial saat ini dalam dunia bisnis global, dan sebagai penunjang dalam pengembangan pasar, meningkatkan efisiensi, dapat menekan biaya, serta memberikan akses yang lebih luas bagi partner dan pelanggan perusahaan Anda. Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar